Jumat, 18 Februari 2011

Menikmati Senja

Ulee lhue, 060710

Ini adalah hari pertamaku menikmati senja setibanya di bumi rencong tempat sahabatku menuntut ilmu sejak 3 tahun yang lalu, setelah beristirahat dan meremajakan tulang - tulang ku yang sepertinya berteriak
-teriak memohon istirahat sebentar, akhirnya pada sore harinya ku ajak sahabatku itu mengikuti kebiasaan yang begitu menyenangkan ini, yaitu menikmati senja. "bagaimana ocek?? sudah siapkah mengikuti petualangan ini bersamaku??" (*dengan nada sok berkuasa) begitulah ku katakan kepada sahabatku itu sekembalinya ia dari kampusnya. "hmm, (dengan mimik wajah yang bersungut dan tidak enak dipandang) baiklaaah.. aku pasrah saja memenuhi keinginan dari jiwa - jiwa penjajahmu itu..! " jawabnya lemas. hahaha.. (*tertawa ala penjajah) berangkatlah dua pemudi ini dengan mengendarai motor matic berwarna merah lengkap dengan helm pinjaman teman kosan , hehhehe..
***
Diperjalanan menuju TKP pertama, yaitu Pelabuhan Ulee lhue, mendung ternyata semakin gelap, dan akhirnya gerimis pun mulai turun. jadi kami memutuskan untuk singgah di Mesjid Raya Baiturrahman.
wah
SubhanAllah, ternyata memang bener, mesjid yang satu ini memang bener - bener keren setelah dilihat langsung (maklum selama ini hanya dilihat dari gambar dua dimensi, :D . mesjidnya begitu megah dan kokoh. Mesjid Baiturrahman ini sudah ada sejak masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda pada tahun 1022 H / 1612 M. Waktu gempa dan tsunami 26 desember 2004 yang melanda sebagian aceh, mesjid ini selamat tanpa kerusakan yang berarti (Maha besar Allah atas segala kuasanya).
Setelah hujan reda, kami melanjutkan ke TKP awal.

Pelabuhan Ulee lhue adalah salah satu tempat di banda aceh yang menjadi tempat favoritku menikmati senja. Tapi sayangnya karena habis hujan, jadi sunsetnya gak begitu jelas karena tertutupin menduung :(. Tapi memang beneran, ni adalah tempat terkeren menurutku untuk menikmati senja, batu - batuan yang tersusun di sepanjang tepi laut itu melengkapi suasana (hehehhe.. :) ). aku memandang begitu takjub suasana itu, Maha Suci Engkau ya Allah, menciptakan segalanya dengan sangat sempurna.
sambil jeprat - jepret mengabadikan moment2 yang tak akan berulang itu. seperti biasa ocek pun sibuk dengan gaya narsisnya yang tak seberapa itu.

"
wah, aku aja yang udah bertahun - tahun disini (*mulai hiperbolis) ga pernah punya kesempatan nikmatin moment kek gini ya tik..! mewah kali kau..!" kata ocek sambil ngunyah pulut bakar (jajanan tradisional khas banda).
"lah, salah sendiri, begitu lamanya disini kok tak pernah perhatian dengan hal-hal beginian toh? hahahaha (*tertawa mengejek) " kalo gitu apa bedanya kau sama aku yang baru dateng yaa? beruntung juga aku ya, gak perlu menghabiskan waktu yang lama sepertimu." jawabku santai.

ocek : "issh, kau ni yaa..! aku kan kesini buat belajar, bukan buat liburan..! grrr..
aku : "hhahahaha.. *tertawa penuh kemenangan

Akhirnya karena waktu telah menjelang maghrib, kami pun bergegas memacu kuda besi kami ke mesjid Baiturrahman untuk menunaikan kewajiban. Dan ternyata Mesjid ini pun tak kalah memesona di waktu malam hari.

***

Dua hari kemudian kami pun kembali lagi ke tempat itu, Ulee lhue memang tidak pernah kehabisan pengunjung setiap sorenya (termasuk kami, hehehe..). Banyak keluarga yang mengajak anak - anak mereka ketempat itu, duduk - duduk di tepi laut, diantara bebatuan besar yang disusun rapi. di sepanjang jalan juga banyak sekali penjaja makanan - makanan kecil. Tak hanya keluarga, kelihatannya ini juga jadi tempat favoritnya muda-mudi baik yang berkelompok tau puuuun *hmmmm (*mengatakan dengan enggan) yang berpasang-pasangan (*meskipun tidak tahu, itu pasangan sudah resmi atau belum :D ). Kali ini pun sebenarnya tak jauh berbeda dengan dua hari kemarin, pesona sunset sepertinya masih enggan menampakkan keelokkannya kepada kami :(. tapi tak masalah, bagiku sunset dalam bentuk bagaimanapun, ia tetap indah.. :).



salam pena.. :)




5 komentar:

  1. wah, Tika pernah ke Aceh ya tik. kalo ke Aceh lagi, hubungi aku donk:D

    BalasHapus
  2. iya mba' nov, itu liburan taon lalu..

    rencana emang pengen balik lagi mba nov,

    ok ok, pasti aku hub mba ntar --> jarang2 ada tawaran guide nih, hehe

    BalasHapus
  3. aku di Darussalam Tik.
    kamu dulu tinggal dimana pas ke aceh?
    aku juga suka main ke medan, soalnya ayahku kan kerjanya di Kutacane, jadi kalau mau ke kutacane harus ke medan dulu.
    Dulu aku suka ikut ayahku.
    nanti kalo aku jalan2 ke medan aku hungi deh, kamu di medan kan tik??

    BalasHapus
  4. wew, waktu di aceh aku juga tinggal (*lebih tepatnya numpang, hehe) di daerah darussalam mba nov
    temenku ngekost di Limpok tp skrg sih dah pindah di daerah Lingke katanya (hmmpht begitulaah, nomaden adalah hobinya)..

    Ok sep mba nov, kapan maen kemedan, kabarin aku ya, sekalian kita kopdar, hehe :D

    BalasHapus
  5. oh,kalo Lingke agak jauhan Tik.
    oke oke..kepingin kopdaran:D

    BalasHapus